Granblue Fantasy September 2018 Character Rebalance - Impression


Granblue Fantasy adalah game yang terus menerus berkembang, dengan tingkat kesulitan raid yang makin lama makin bodoh menantang. Oleh karena itu, sudah tentu diperlukan karakter Juttenshu FLB yang semakin bervariasi untuk menghadapi tantangan yang disediakan oleh KMR. Salah satu cara adalah dengan melakukan rebalancing ke karakter-karakter yang tergolong "tidak meta".

Berikut adalah impresi saya tentang rebalance karakter-karakter bulan september ini. Kuy.


Disclaimer: Yang saya tulis disini semuanya murni hasil pengamatan saya, dan bisa jadi salah total atau asumsi saya jauh berbeda dengan kenyataan. Wiki sebaiknya tetap digunakan untuk referensi angka-angka dan waktu cooldown skill-skill yang disebutkan.



GOOD SHIT HMMMM

Esser/Tien: Kakak dari Fuccboi pemarah di langit ini akhirnya mendapatkan powerup yang sudah dia tunggu-tunggu. Sebelumnya, Esser agak menyusahkan karena kita tidak bisa menggunakan 2 Skill Last Order dan Stardust dengan maksimal karena harus menunggu TH9 terlebih dahulu. Sekarang, kau bisa menggunakan 2 skill tersebut langsung di turn 1 karena Stardust sekarang akan menggunakan efek seolah-olah TH9 dan Last Order memberikan efek seolah-olah musuh sedang dalam kondisi Break! Ditambah lagi pasif level 90-nya diperbaiki sehingga bisa memunculkan krit di saat kondisi Break untuk seluruh karakter di party, sinergis sekali dengan Last Order.

Ten Wolf Bullshit Triumph kehilangan Fire Attack Upnya sih, tapi saya rasa keberadaan party Break Assassin menjadikan ultimate skill Tien tetap akan memunculkan jumlah angka yang sangat besar, apalagi jika dikombinasikan dengan Shiva Call. Ouginya juga berubah menjadi efek blind yang lebih kuat + ada extra damage perturn nya.


                                    
Magisa: Kesulitan yang dirasakan pemain magna pleb saat menggunakan magisa adalah debuff attack down yang kecil angkanya dan kurangnya DATA buff sehingga damage besar dari Magisa terasa kurang maksimal. Di rebalance ini, Magisa akan mendapatkan buff setidaknya 100% DA saat mode Morax dan debuff nya diangkat menjadi 25% ATK DOWN dan 25% DEF DOWN yang kemungkinan besar stack dengan Miserable Mist. Walpurgis juga akan mendapatkan debuff Blind dan Burn sehingga magisa akan menjadi hitter keras yang bisa memberikan debuff bagus. Skill pasif pertamanya juga diubah agar bisa merefleksikan perubahan dari walpurgis ini.

Sayangnya oh Sayangnya, Walpurgis akan kehilangan kemampuan untuk memberikan buff Dark ATK UP dan pasifnya juga menghilangkan kemampuan mengubah Dark ATK UP menjadi Fire ATK Up. Damage Magisa sekarang akan bersumber dari multi attack dan skill damage, sesuatu yang mungkin pemain agni akan merasa agak redundant karenanya.

Setidaknya sekarang Magisa bisa menjadi support tim magna yang sangat bagus dan juga membuka kemungkinan untuk komposisi tim yang lebih kreatif. :D

Feena: 25% def down selama 3 menit, 2 turn pasti TA, 100% ougi damage up saat dodge dan efek kritikal untuk party saat ougi, apa yang bisa saya bilang lagi? Rebalance ini menjadikan Feena karakter yang sangat bagus untuk pemula karena menyediakan banyak tools untuk menghadapi boss-boss awal game. Tentunya untuk party end game, tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatan 7-Jeanne-9...


Mahira: Salah satu kekurangan dari karakter Zodiak satu ini adalah buffnya bisa di-dispel oleh musuh sehingga drumbeat yang sudah susah-payah dikumpulkan itu bisa terbuang sia-sia dan waktu yang dibutuhkan untuk mulai memberikan buff unik khas Zodiak itu. Sekarang, buff itu tidak bisa di-dispel dan saat ougi, tiap karakter akan mendapat 5 hitungan drumbeat untuk mempercepat pengumpulan drumbeat untuk memulai buff.

Rebalance ini menjadikan Mahira karakter yang bisa mulai memberikan buff lebih cepat sehingga untuk pertempuran mid-long bisa membantu player mengejar MVP/melakukan rotasi buff dengan lebih mudah.


Yuisis: Selesai sudah masa-masa dimana Yuisis menjadi karakter yang clunky dan sering terhambat oleh skillsetnya sendiri. Sekarang, Yuisis menjadi karakter yang bisa terus menerus berada di mode Menyerang sambil sesekali menjadi tanker single/multi hit yang luar biasa.

Yuisis sekarang bisa berpindah stance dengan skill 1, dan stack Chivalry sekarang akan berpengaruh kepada skill pasifnya, dimana Yuisis akan mendapatkan buff tergantung jumlah stack Chivalry yang dimilikinya. Stack Chivalry akan bertambah setiap Yuisis melakukan ougi sehingga tidak ada lagi kata menunggu Yuisis dipukul untuk mendapatkan stack. Selain itu, skill yang paling menonjol adalah kemampuan melakukan Anytime Assassin seperti Anre dengan hanya membayar 20% HP tanpa harus menunggu 1 turn seperti sebelumnya.


                                   

Orchid: 70% Dark ATK UP dan Light damage cut dengan uptime 2/8 ditambah kemampuan mengembalikan mode Puppet saat sedang pecah adalah tanda bahwa Orchid akan jadi karakter yang lebih broken dibanding sebelumnya. Oh, apa saya sudah bilang ada 20% charge bar boost saat nge-nuke 1 juta?




COULD BE GOOD...ER?



Katalina: Rebalance Katalina Grand berupa upgrade ougi sehingga ouginya memiliki Water Attack Up yang lebih kuat dan Double Attack buff yang mengingatkan kalian ke ougi milik Ultima Weapon. Selain itu, Katalina juga mendapatkan buff dengan angka besar jika dia terkena damage cut (Phalanx, damage cut miliknya sendiri, summon call Athena dsb). Dengan adanya senjata seperti Murgleis dan Phalanx dari anggota raid lain, saya rasa Katalina memiliki potensi untuk menjaga buff phalanx nya dengan uptime yang mantap. Namun saya rasa, rebalance Katalina ini akan lebih terasa untuk pemain baru hingga menengah yang masih memerlukan banyak koordinasi phalanx dari anggota raid lain.


Narmaya Summer: Narmaya Summer adalah karakter yang memerlukan waktu untuk mencapai tingkatan self-buff terkuatnya. Dengan rebalance ini, Narmaya memerlukan waktu yang lebih singkat untuk mencapai buff maksimum dan juga tidak perlu terlalu khawatir dengan HP karena persyaratan reduksi HP untuk skill 2nya dihilangkan. Untuk segi pertahanan juga jadi lebih baik dengan Mirror Image saat ougi dan kenyataan bahwa def down dari skill 1 dilimit menjadi 20% saja.

Selain itu, skill pasif narmaya juga memberikan potensi yang besar untuk pertempuran panjang dimana Narmaya bisa mendapatkan stackable atk up dan dodge untuk setiap ougi dan skill yang digunakannya. Sangat baik untuk pemain yang memerlukan penyerang dengan firepower yang tinggi dan belum memiliki Anre /Feower FLB.



Zeta Summer: Zeta Summer saya bedakan tingkatannya dengan Zeta Api dan Zeta Event karena mereka bertiga memiliki rebalance yang sama, yaitu debuff Arvess Fermare menjadi local debuff dan berdurasi 3-4 turn. Yang menjadikan Zeta Summer berbeda adalah debuff Arvess Fermare di versi ini disatukan dengan self buff 40% ATK UP sehingga jika kita asumsikan durasi buffnya setara dengan durasi Arvess Fermare, Zeta bisa memiliki buff 40% dengan uptime 4/5 which is very good!

Tentunya, jikalau buffnya tetap 3/5 pun tetap tergolong sangat bagus. In the end, kemampuan menambahkan 1 turn untuk melakukan Fermare Assassin saya rasa adalah rebalance yang tetap terasa bagus.

Ah, mari kita lupakan Zeta Dark karena buat saya itu adalah skin dari gacha. Keteknya ntap tho.




Agielba: Our best Cowdad is getting yet another buff, and is this gonna be good? Buat saya, rebalance Agielba memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi karakter yang lumayan bagus.

Efek ougi Agielba diubah menjadi self 80% damage cut, which is 20% better than last time. Yang menarik perhatian saya adalah rebalance skill 2 dan 3, dimana Turn The Tables menjadi seperti Resolution milik Zooey, enmity nuke yang memberikan buff Jammed. Sekarang, Turn The Tables memiliki cooldown 5 turn, dan jika asumsi buff Jammed memiliki durasi 2-3 turn, maka kita memiliki buff Jammed yang ber-uptime 2/5 atau 3/5 which is very good! Ditambah skill 3 baru memberikan Full Charge Bar dan cooldown reset sehingga bisa dijadikan alat untuk pertahanan darurat atau nuke yang besar. Selain itu, Agielba juga diberikan skill pasif Guts yang memberikan dia sustain yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, kita bisa dengar suara Ardora-tan sekarang. Kinda sad, knowing that her papa's VA is now gone...


??? OKAY?


Heles Summer: Heles Summer adalah karakter yang banyak orang gunakan untuk meng-OTK raid EX+ di Guild War dengan kombinasi 100% TA dan Overdrive Assassin nya, sehingga keputusan untuk menghilangkan bonus 10% damage (unique mod) dari skill Overdrive Assassin dan menjadikan Heles mampu mengisi charge bar dengan skill 1 dan ougi agak membingungkan. Waktu cooldown dari skill 3 dan ODAnya tidak pas sehingga walaupun ODAnya diubah menjadi 6 turn sekali, pada kenyataannya player akan menekan skill ini tiap 8 turn sekali untuk menyamakan timing dengan 100% TAnya. Satu-satunya yang akan terbantu dengan rebalance ini saya rasa adalah whaler cahaya dengan grid zeus berisi Ganbateinn.



Zooey Gun: Rebalance dari Zooey Gun adalah pengurangan durasi awal untuk skill 3 dan juga perubahan pasif sehingga pengurangan cooldown untuk skill 3 berlaku juga untuk cooldown asli dari skill 3. Walaupun hal ini bagus untuk mempercepat cast pertama, dengan cooldown asli selama 12 turn, saya rasa skill ini akan tetap menjadi skill clunky yang memerlukan komposisi spesifik untuk mengurangi cooldown dengan konsisten. Hal ini mungkin dicapai dengan membawa banyak buffer dan healer, dan elemen Light sebenarnya memiliki beberapa buffer bagus seperti Juliet/Jeanne/Sandalphon dsb. Mungkin pengurangan cooldown ini bisa membantu rotasi skill Zooey tapi untuk saya ini agak unreliable dan saya rasa Zooey akan tetap menjadi karakter FUN.





Sara: Gadis kecil pembawa stand pasir ini sekarang mampu memberikan Barrier setiap ougi dan juga akan mendapatkan efek-efek berbeda setiap dia terkena hit dari musuh. Urutan efek yang didapatkan adalah: 

Damage berubah jadi elemen Air -> Ougi Damage Up -> Ougi Damage Cap Up -> Counter 3x

Rebalance ini menjadikan Sara sebagai tanker yang SEMPURNA untuk early player karena efek Barrier bisa diartikan sebagai flat heal, dan buff hitnya actually cukup bagus untuk membantu damage Sara saat grid senjata player belum sempurna.




Dorothy and Claudia: Durasi Servant Oath menjadi 4 turn dan Dorothy menjadi mampu melakukan multiattack. Kenyataan bahwa mereka mendapat tambahan 1 turn untuk 30% Unique Mod Attack Up dan kesempatan untuk melakukan CHECKMAID adalah rebalance yang mungkin terasa berguna untuk player yang menggunakan kedua Maid ini. Menurut saya sih, rebalancenya sangat minor dan agak membingungkan...

Mungkin jika Dorothy bisa melakukan multiattack bisa membantu mereka melakukan rotasi ougi dengan lebih baik bersama teman se-party nya? Mungkin saja, kalian harus coba sendiri karena saya masih belum dapat mereka... Orz



Zeta (Fire and Light SR): Sudah saya bahas di bagian Zeta Summer, dan satu-satunya benefit dari perubahan Arvess Fermare menjadi local debuff ini hanyalah ekstra 1 turn untuk melakukan Fermare Assassin. Dalam kasus mereka berdua, debuff Arvess Fermare disatukan dengan skill nuke (yang dpsnya tidak terlalu besar) dan skill burn yang sepertinya kurang berguna di elemen cahaya... Well, setidaknya mereka dapat 1 ekstra turn.


CYGAMES WHY

Beatrix: THIS IS EXTREMELY INFURIATING AND I DON'T WANT TO WRITE ABOUT THIS. IF THEY REALLY MADE HER LIKE THAT THEN WELL I HATE CYGAMES NOW.


POSTED BY Unknown
POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.