Grisaia No Kajitsu VN Review - Akhiri dengan Amane / Makina.

Oke.
Bentar lagi bulan juni, bentar lagi mulai masa-masa paling menyebalkan yang pernah pelajar rasakan tiap tahun, yaitu AKHIR SEMESTER GENAP.

Bukannya gua ga seneng ya. Siapa sih yang ga seneng liburan 3 bulan?

Tapi tetep, despite bentar lagi ujian, gua baru aja menyelesaikan 1 VN (Visual Novel) yang cuma gua baca di sela-sela waktu:

Grisaia No Kajitsu

Memang sebenernya gua masih nyimpen 3 VN lagi, yaitu tenshin ranman, yumina (mungkin akan gua buang, kurang niat), dan meikyuu. Kenyataan bentar lagi ujian akhir semester membuat gua memaksa diri kajitsu harus selesai atau bakal ada lingering regret di minggu akhir kuliah yang bikin gua ga fokus.

Oke, cukup.

Grisaia no kajitsu bercerita tentang Mihama Gakuen, sebuah sekolah yang isinya orang-orang 'luar biasa' yang terpaksa harus bersekolah disana, termasuk protagonis kita, Kazami Yuuji.
Oh, apakah ini ceritanya banyak tentang school life? Ya

Tapi tidak usah khawatir, ceritanya tiap rute akan jauh lebih keren dari cerita common route yang luar biasa panjang itu. Heck, gua menghabiskan banyak waktu cuma buat baca common route, dan rute tiap heroine bisa dikelarin dalam waktu sekitar 2-3 jam kalau rajin, dan 4-6 jam kalau berhenti-berhenti, dan < 1 jam kalau pakai skip.

Tapi common route di VN ini IMO adalah saat saat untuk persiapan untuk cerita-cerita yang mungkin gak akan lo temukan di kehidupan nyata. Kalo kata gampangnya introduction, sambil memberikan pembacanya ide mengenai bagaimana tiap rute akan bercerita. Disini juga lo perlu menentukan urutan tiap rute.

Bagaimana pemilihan rutenya? Oh, apa lo berpikir akan seribet F/SN yang perlu memperhatikan banyak flag itu? Tenang, enggak kok.

Kalau lo pernah baca G-Senjou no Maou, maka lo gak akan kesulitan baca VN ini karena pilihannya sedikit dan sangat obvious. So, bisa ditarik kesimpulan VN ini menjadikan cerita tiap heroine sebagai ujung tombaknya.

Oke, cukup.

Grisaia no Kajitsu: Pendapat cerita tiap heroine
Sakaki Yumiko
Our 'seemingly main heroine' heroine, although she's not.

Di common route, Sakaki Yumiko adalah orang pertama yang tidak mengharapkan kedatangan protagonis di Mihama, tapi sekali lihat lo akan bisa tau kalau yumiko adalah hime, dan tsundere. too obvious.

Ceritanya agak 'plain' dibanding yang lain, tapi good closure. Dan tipe endingnya adalah ending lived-happily-ever-after ending. Mungkin bukan tipe ending yang lo harapkan dari VN yang mementingkan cerita, tapi itu tergantung lo. Personally, gua suka ceritanya yang ringan.



Note:
Mungkin lo mau kelarin rute dia duluan, karena menurut kebanyakan pembaca, ceritanya yumiko paling jelek dibanding yang lain.

Suou Amane
What could be wrong with big tits onee-san.
 
I'm not joking, she might be your favorite girl if you love seeing naked woman. Amane adalah tipe kakak perempuan yang bakal bikin lo jadi bahan bully karena sikapnya. Disamping itu, dia pandai masak, dan care sama orang lain. Mungkin calon pacar terbaik.

Terus kenapa cewe kaya gitu bisa masuk mihama? Nah, backgroundnya itu yang keren. BEST STORY. 'nuff said. Gua ga bisa berkata apa-apa, bahkan Angelic Howl (Judul background story amane) sampe gua baca ulang berkali-kali saking twistednya.
 Definitely the best route.





Matsushima Michiru
 Kinpatsu! Twin Tail! Tsundere! Class Clown!

 Saya ga bohong, kamu ga bisa bandingin michiru dengan tsundere tsundere lain diluar sana. Di common route, dia berperan membuat atmosfir cerita jadi ringan, ditambah dengan komentar komentarnya yang paling enggak bakal bikin lo geleng-geleng kepala.

Tapi di rutenya dia, ada kejutan psikologis yang mungkin ga lo duga-duga. Baca rute michiru, gua jadi kurang suka dengan konsep 'being a clown'. Selain itu, idenya keren, chara development termasuk kuat di vn ini, tapi IMO lacking that last impact. good closure tho.


Irisu Makina
Quirky little hatchling trying to grow up

Buat para pettan lover, bergembiralah. Irisu Makina comes to the resuce!
Yes, makina adalah pettanko yang harus ada dalam suatu cerita bagus. Tidak semua orang suka big-breasted girl mewarnai cerita tiap saat. Tipe imouto dengan suara yang bisa bikin lo melting karena lucu, dan bikin orang lain yang denger merasa terganggu karena akan merasa lagi adegan H.

Perilaku makina tak terduga, dengan cerita yang tak terduga pula. Kalau boleh bilang, rute makina dari segi cerita adalah SECOND BEST, calon best kalo bukan karena bad end yang aftertastenya bikin otak gua rusak 15%. Sungguh plot twist yang sangat keji. KEJI! KEJIIIIIIIIII!!!!


Komine Sachi
As you command~

Komine Sachi. Setelah lo baca common route, mungkin lo akan tergoda memiliki orang seperti sachi di samping lo untuk sebuah alasan. Gak akan gua sebut, karena akan jadi spoiler tingkat tinggi. Harus baca agar mengerti charm dari seorang sachi :3

Sachi disini memiliki chara development terbaik dibanding yang lain. Karena dari yang gua lihat cuma sachi dan michiru yang berkembang sifatnya, sementara heroine yang lain tidak berubah sifatnya, paling-paling hanya memunculkan sisi tersembunyi dari dirinya. Background story yang cukup keren juga membuat rute sachi layak dibaca setelah yumiko.




Oke, character selesai.








Story:
9/10.
Exceptionally good, although to get my 10, it needs more plausible-but-mindblowing plot twist macem ever17. Seriously, grisaia no kajitsu punya plot twist, tapi tidak seepic yang lain. Walaupun cukup bikin otak gua keseleo sih twistnya.


Music:
10/10.
Selalu berhasil membawa suasana cerita jadi lebih mantap. Katanya rute michiru musiknya bagus, tapi belom merasakan bedanya lel. Mungkin bakal replay scene2 michiru nanti pas liburan.

Art:
9/10.
TOP NOTCH!! walaupun merasa spritenya cuma punya sedikit gaya tapi bisa memerankan tiap heroine dengan baik. Gaya chibi yang sesekali dimasukin juga lucu banget.


begitulah review saya akan novel Grisaia no Kajitsu. Jika bisa bertahan dari common route yang sejujurnya terlalu panjang itu, kita bisa melihat kalau Grisaia no Kajitsu adalah salah satu visual novel keren yang harus lo baca kalau menyukai cerita keren semi school-life.

Mungkin di liburan nanti akan coba membaca sequelnya, Grisaia no Meikyuu. Kenapa mencoba? karena meikyuu masih raw. #ohgodwhy.jpg

POSTED BY kejar
POSTED IN
DISCUSSION 0 Comments

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.